Demak-Bintara Pembina Desa (Babinsa) merupakan ujung tombak satuan teritorial yang selalu berada di lapangan. Kegiatan komunikasi sosial (komsos) merupakan sarana yang paling mudah untuk memelihara hubungan yang baik dengan masyarakat khususnya yang menjadi wilayah binaannya.
Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil Desa Buko Koramil 06/Wedung Kodim 0716/Demak Pelda Nur Alim melakukan Komsos dengan bapak Sutrisno membahasa tentang pembuatan Bibit (penyemaian) padi jenis Ciherang yang sudah berusia 5 hari. Kamis 29-11-2018.

Menurut Pelda Nur Alim, kegiatan ini selain sebagai pogram pembinaan ketahanan pangan Kodim 0716/Demak, juga untuk memberikan motivasi kepada para petani agar segera mengolah lahan sawahnya guna mengejar waktu percepatan masa tanam 1 Tahun 2018.Kami akan terus membantu
petani di kelompok tani masing-masing untuk mengetahui perkembangan kegiatan para petani dalam menggarap sawah khususnya di Desa Buko. Agar bisa menghasilkan padi yang kualitasnya bagus.Ungkap Nur Alim.
Secara terpisah, Pjs Pasi Teritorial Kodim 0716/Demak Kapten Inf Mulyadi menjelaskan bahwa para Babinsa yang ada di tiap Koramil sudah diterjunkan ke sawah-sawah untuk mengecek kegiatan pertanian dan memberikan arahan kepada para petani.dan membantu โ€œpara petani melaksanakan proses tahap demi tahap persiapan musim tanam. Diantaranya melaksanakan pemantauan pembibitan tanaman padi.,โ€ terang Kapten Mulyadi.Pendim 0716/Demak.