Jepara –  Pasar Kalinyamatan Jepara saat ini merupakan tempat untuk berkuliner pagi bagi warga seputaran Kalinyamatan , jika pagi  tiba halaman pasar yang sepi menjadi ramai dengan para pedagang yang membuka lapak-lapak untuk berdagang berbagai macam kebutuhan dan juga warung tenda yang menjual berbagai makanan.

Selain itu banyak ada pula yang membuka usaha permainan untuk anak-anak seperti mandi bola , kereta putar dan juga odong-odong , sehingga menambah ramainya kawasan pasar Kalinyamatan dari sore hingga malam hari.

Kuliner paginyapun pun beragam dari nasi gudheg ,Nasi uduk,Nasi kebuli ,  Lonthong  Sate Ayam,   juga Nasi dan horog horog pecel. Untuk minumanya ada bubur kacang ijo ,Susu kedelai dan Susu Sapi murni .Mereka membuka lapak di halaman parkir Pasar Kalinyamatan dan jalan seputaran pasar dari utara sampai ke selatan sehingga jika pagi suasananya cukup ramai.

Menurut beberapa pedagang yang ditemui , keramaian pasar Kalinyamatan di pagi hari hari ada semenjak dipindahnya pasar Purwogondo lama ke tempat baru yang dahulu sempit , kini menjadi pasar yang besar dengan halaman yang lebar. Dulu pedagang yang berdagang pagi hari di kawasan ini jumlahnya bisa dihitung dengan jari, namun dengan bergulirnya waktu semakin lama pedagang yang mengais rejeki di tempat ini semakin banyak dan jualannyapun makin beragam.

” Ini hari Sabtu  pembelinya tidak begitu banyak , Besok pagi Hari Minggu junlah pembelinya cukup banyak selain itu pedagang yang berjualanm juga bertambah. Pedagang yang biasanya berjualan di depan sekolah mengkal disini semua “, kata Iwan penjual Bubur Tim Bayi pada kabarseputar muria.

Iwan yang membuka dagangannya sekitar pukul 6 pagi  ini  mangatakan , kawasan pasar Kalinyamatan saat ini keramaiannya bisa menyaingi kawasan Bunderan Pecangaan yang lebih dulu ada. Saat ini keramaian di depan pabrik Karung goni semakin redup , sehingga beberapa pedagang banyak yang pindah mencari daerah penjualan baru temasuk bergabung di pasar Kalinyamatan ini. (Muin)