Magelang – Dosen dan mahasiswa Universitas Tidar yang tergabung dalam tim pengabdian kepada masyarakat pada skema Program Kemitraan Masyarakat Tahun 2023 dampingi siswa MTs N 1 Kota Magelang dan MTs N 2 Kota Magelang menyusun proposal sebagai langkah persiapan mengikuti Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES).

MYRES merupakan  kompetisi  tingkat  nasional untuk penulisan karya ilmiah bagi siswa madrasah tingkat menengah MTS dan MA.

Tim pengabdian ini terdiri dari 2 orang dosen Program Studi Pendidikan Matematika yaitu Moh. Rikza Muqtada, M.Pd. dan Dita Aldila Krisma, M.Pd. serta melibatkan mahasiswa yaitu Ofi Laili Nur Shochifah dari Progam Studi Pendidikan Matematika.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Juli – 15 September 2023 di MTsN 1 Kota Magelang dan MTsN 2 Kota Magelang. Pendampingan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, studi kasus, simulasi, dan praktik. 

Pendampingan ini diikuti oleh 10 siswa dari MTs N 1 Kota Magelang dan 10 siswa dari MTs N 2 Kota Magelang. Dari 10 siswa tiap sekolah dibentuk menjadi 5 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 2 orang sehingga terdapat 10 kelompok yang didampingi.

Kegiatan ini pada pengabidan ini diantaranya perencanaan, pelaksanaan, follow up, simulasi, praktik, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan tim PKM melakukan studi pustaka, observasi dan wawancara ke sekolah, pemantapan konsep pelatihan, dan pembuatan instrumen. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan melakukan seleksi siswa yang mengikui pendampingan.

Dari masing-masing madrasah akan dipilih 10 siswa yang akan mengikuti kegiatan pelatihan. Rikza selaku ketua tim pengabdian menuturkan, Adanya seleksi ini diharapkan para siswa yang mengikuti pendampingan benar-benar yang berminat dan bisa menyusun proposal serta mendapat pendampingan yang efektif.

” Pada tahap follow up, tim PKM mendampingi menentukan judul penelitian pada sub bidang matematika. Berikutnya, pada tahap simulasi, tiap kelompok membuat kerangka proposal penelitian sesuai dengan judul masing-masing. Setelah membuat kerangka ini, tiap kelompok praktik menyusun proposal”, kata Rikza 

Setelah praktik ini, dilakukan evaluasi pelatihan yang memberikan hasil 100% siswa menyatakan setuju jika materi pelatihan ini menambah pengetahuan siswa tentang pembuatan proposal penelitian dan kompetesi MYRES.