blogdesa.id

Rofik Alumni SMK Jurusan Mesin , Namun Sukses Tekuni Servis Elektronik

Demak – SMK ( Sekolah Menengah Kejuruan) memang di dirikan untuk menghasilkan tenaga yang siap kerja. Itulah dulu mengapa Aunurrofik warga Desa Kedungmutih RT 04 RW 2 kecamatan Wedung belajar di SMK Bale Kambang Jepara. Namun siapa sangka meski dulu ia mengambil jurusan mesin , namun saat ini ia sukses menekuni servis elektonik dan jual beli alat elektronik bekas.

“ Dulu awal memang ingin jadi teknisi mesin sehingga masuk jurusan mesin , namun ketika lulus pulang kampung mau buka bengkel tak prospektif. Lalu saya kursus di Margoyoso selama 6 bulan. Alhamdulillah ilmu masuk dan buka usaha dikampung jalan dengan baik”, aku Rofik .

Membuka usaha servis di desa memang banyak hambatan . Selain tempatnya di desa juga belum banyak warga yang percaya . Namun perlahan lahan usaha itu ditekuni satu dua garapam servis ia selesaikan dengan naik. Lambat laun usaha servisnya semakin maju warga mulai percaya kemampuannya menservis alat elektronik.Kini setiap harinya ia menerima banyak garapan servis.

Kesuksesannya dalam menekuni usaha servis elektronik ini bisa dilihat di rumahnya . Ada puluhan kipas angin , mesin cuci , kulkas , televise dan juga speaker aktif berjajar di rumahnya. Selain jasa servis ia juga membuka usaha jual beli alat elektronik bekas. Jika ada pelanggan yang menjual alat elektroniknya ia beli kemudian ia servis dan carikan onderdil yang rusak setelah jadi ia jual kembali pada yang membutuhkan.

“ Contohnya ini kipas angin bekas dari AC indoor yang rusak lalu saya servis dan perbaiki kembali . Setelah normal kembali saya jual pada pelanggan yang mebutuhkan yang seperti ini pakai remot harganya Rp 350 ribu . Ada garansi selama 6 bulan pemakaian “, kata Rofik sambil menunjukkan satu kipas angin yang mirip AC.

Selain kipas angin Rofik juga menjual Kulkas,freezer dan mesin cuci bekas . Ia membeli barang barang itu dalam kondisi mati atau rusak . Kemudian ia bongkar dalamnya ,onderdil yang masih bagus ia pakai kembali sedangkan yang rusak ia gantikan yang baru. Jika sudah jadi ia jual kembali dengan harga separuhnya dibandingkan yang baru. Contohnya jika baru harganya Rp 5 Juta rupiah ,sedangkan jika bekas paling mahal Rp 2,5 juta rupiah.

“ Barang elektronik bekas yang saya jual semua ada garansinya minimal saya garansi setengaj tahun. Begitu juga servisan elektronik juga saya berikan garansi agar pelanggan puas pada kerja kami “, tambahnya

Paduan servis dan servis inilah yang membuat usahanya bertambah maju. Beberapa bulan ke depan ia akan berpindah usaha ke tempat yang lebih ramai di Pecangaan Kulon , tepatnya depan Pom Bensin Pecangaan Kulon. Di tempat itu ia kontrak selama 3 tahun saat ini ia sudag mulai memindah barang barang elektronik dagangannya. Nah jika anda ingin jual atau membeli dan juga servis elektronik bisa hubungi Rofiq di nomor HP 081 575 875 935 (Muin)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply