Jepara – Hoby memelihara burung berkicau atau orang mengenalnya sebagai kicau mania. Tidak hanya menguntungkan peternak burung saja . Usaha pembuatan sangkar burung juga ketiban rejeki. Salah satu orang yang ketiban rejeki adalah Mas Sastro warga desa Mindahan Kidul RT 03 RW 06 kecamatan Bate Alit .
Pengrajin mebel ini kini beralih usaha membuat teboan sangkar burung. Teboan adalah bagian sangkar burung yang letaknya di bawah dan juga pegangan diatas. Dengan teboan yang bagus sangkar burung akan kelihatan indah dilihat. Burung didalamnyapun akan naik kelas.
“ Dulu teboaan biasa biasa saja karena jarang ada lomba kicau mania. Namun setelah ada lomba burung berkicau dimana-mana sangkar burung menjadi kebutuhan dan gengsi. Sehingga berlomba-lomba untuk membuat sangkar burung yang bagus”, kata Mas Sastro pada kabarseputarmuria.
Menurut mas Sastro untuk rangka sangkar burung biasanya buatan toko atau pabrik. Untuk sangkar burung Love Bird biasanya rangkanya terbuat dari besi. Harganyapun di seluruh Indonesia standar toko. Namun untuk teboannya harganya bermacam-macam tergantung bentuknya dan unsure seninya.
“ Saat ini saya menjual teboan lewat online ke seluruh Indonesia kondisi mentah harganya Rp 70 ribu – 100 ribu mentahan. Kalua bentuk matang yang mahal model 3 Dimensi harga sekitar 2,5 jutaan “, kata mas Sastro yang juga membuka usaha salon.
Selama ini pemasaran teboannya yang mendominasi lewat online. Teboan dagangannya ia upload di akun FB Mas Sastro . Setelah itu pembeli mulai memesan via online. Biasanya uang dikirim via rekening Bank. Seluruh daerah di Indonesia mulai Pulau Sumatera sampai dengan Papua telah memesan teboan buatannya.
“ Penjualan yang terbesar adalah lewat online , mereka memesan barang via akun FB saya . Selanjutnya gambar model permintaan kita buat. Setelah jadi gambar kita kirimkan via WA selanjutnya mereka mengirim uang. Setelah uang masuk sayapun lanjut kirim barang ke pemesan via ekspedisi “, kata Mas Sastro.
Mas Sastro mengatakan teboan asal jepara mempunyai kualitas paling bagus , selain kayunya juga model ukiran relief bisa menyerupai aslinya kalau pesan 3 dimensi. Banyak pemesan mengirimkan gambar sebagai contoh pesanannya. Selain relief banyak pula yang memesan gambar 3 dimensi. Bentuknya pun bermacam-macam.
Nah untuk lebih jelas akan produk teboan sangkar burung Mas Sastro ini yang dekat bisa langsung meluncur ke TKP dan yang jauh bisa melihat akun FB mas sastro atau dikirim gambar via WA ini nomornya 085640138529. (Muin)