blogdesa.id

Boneka Goyang Bisa Bunyi Mainan Anak-Anak Baru dari Desa Karanganyar Jepara

Jepara – Desa Karanganyar kecamatan Welahan sampai saat ini menjadi salah satu desa sentra mainan anak-anak tradisioanl. Berawal dari kipas putar berbahan baku kertas minyak dan bamboo. Kini berkembang jadi berbagai macam mainan tidak hanya berbahan bamboo dan kertas saja. Sedangkan jenisnya juga bergai macam karena warga terus berkreasi.

Salah satu mainan baru yang diperkenalkan pertama di tahun 2018 ini adalah boneka bola yang bisa bergoyang dan bunyi. Bone ini dibuat dari empat buah bola warna warni buatan pabrik. Bola itupun kemudian dirangkai menjadi kepala , badan dan kaki. Dengan tambahan perperan plastic dan sedotan jadilah boneka goyang yang bisa bunyi.

Fathoni salah satu pengrajin mainan tradisional dari desa Karanganyar pada kabarseputarmuria mengatakan, mainan boneka goyang ini murni hasil kreatifitas warga. Awalnya mencoba-coba terlebih dahulu . Setelah dirangkai menjadi satu kemudian jadilah boneka goyang. Sedangkan bunyinya dari tiupan yang dirangkai dengan boneka.

“ Ya awalnya buat sampel dahulu , ketika kirim barang lele-lelean ,kipas putar atau trothokan boneka goyang dimasukkan sekalian. Setelah barang sampai kemudian tertarik kemudian memesann dengan jumlah banyak “, cerita pak Fathoni.

Melihat peluang yang cukup bagus itulah maka pak Fathoni di rumahnya juga mulai membuat boneka goyang dari bola warna warni ini. Beberapa pelangganya mulai memesan boneka goyang ini. Untuk kirim ke luar jawa khususnya Pulau Sumatera biasanya lewat Bis-Bis antar pulau. Sedangkan untuk luar pulau Sumatera biasanya menggunakan ekspedin kapal laut atau kapal udara.

“ Ya pesanan dari mana saja hampir seluruh Indonesia , mulai dari Aceh sampai dengan papua. Ada berbagai macam mainan yang kita kirim dan warga sini terus berkreasi agar mainan tetap laku “, tambah pak Fathoni.

Khusus untuk mainan bola goyang ini pesanan terus mengalir karena boneka ini cukup menarik bagi anak-anak. Selain bisa goyang kalau dipegang boneka ini jika ditiup bisa berbunyi seperti bunyi bebek. Mainan ini aman bagi anak-anak karena berbahan plastic halus dan bersih. Dan bisa membuat anak-anak senang.

Jika anda berminat untuk memasarkan boneka ini anda bisa datang ke desa Karangnyar kecamatan Welahan kabupaten Jepara atau membuka website ini. Silakan datang ke desa mainan tradisional Jepara atau hubungi 085290238476 (SMS atau WA) . (Muin)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply