blogdesa.id

Sekilas Desa Batu Kali Kalinyamatan, Ditengah Area Persawahan Selalu Kebanjiran Jika Musim Hujan

Jepara – Desa Batu Kali kecamatan Kalinyamatan  dulu sampai sekarang merupakan desa terdampak banjir. Setiap musim penghujan desa ini pasti tergenang air. Jika curan hujan tinggi hampir semua wilayah desa tergenang air. Jika curah hujan biasa hanya sebagian yang tergenang.

Hari Selasa 6 Februari kabarseputarmuria mencoba mengunjungi desa ini . Kebetulan curah hujan tinggi sehingga are persawahan di seputaran desa terendam air. Imbas dari rendaman itu air juga masuk ke desa di bagian Selatan. Meski belum masuk rumah namun  genangan air dihalaman mencapai 10 – 40 cm.

“ Untungnya rumah-rumah disini sudah ditinggikan sehingga air tidak masuk rumah, dulu sebelum ditinggikan genangan kayak begini sudah masuk rumah “, kata salah satu warga desa Batu kali pada kabarseputarmuria.

Memang semakin mengarah ke selatan dari jalan raya Purwogondo – Gerdu kondisi tanah di desa Batu Kali semakin rendah. Sehingga jika ada hujan sedikit saja wilayah di bagian Selatan dari Barat sampai ke Timur jalan jalan kampung terrendam air.

Sehingga pemandangan seperti itu tak asing lagi bagi anak-anak di desa ini. Air yang datang ini justru menjadi area permainan. Beberapa anak kecil terjen ke jalan bermain air. Sebagian mereka ada yang bermain perahu menggunakan batang pisang. Tidak ada rasa takut justru menjadi ajang permainan.

“ Air seperti ini menjadi pemandangan sehari-hari anak disini jika musim hujan tiba, jika belum masuk ke rumah warga tetap bertahan . Nah jika air mulai masuk ke rumah warga baru mengungsi ke tempat yang tinggi”, Cerita salah seorang warga.

Ditambahkan beberapa tahun yang lalu desa ini pernah terendam semuanya . Semua warga keluar desa untuk mengungsi . Kejadian itu menjadi peristiwa yang selalu di kenang oleh warga. Sehingga beberapa warga yang punya uang kemudian meninggikan lantai rumahnya. Beruntung tahun tahun kebelakang belum ada lagi banjir besar.

“ Ya gimana lagi memang sudah rumahnya disini biar tergenang kayak begini tidak masalah. Dulu pernah ada wacana relokasi namun warga menolak dan tetap bertahan di desa ini. Apalagi ini rumahnya sudah tinggi lantainya. Paling terendam sebentar kemudian surut lagi “, tambahnya.

Desa Batu Kali kecamatan Kalinyamatan merupakan salah satu yang terletak di tengah persawahan. Dulu desa ini terletak di sebelah Selatan desa yang sekarang. Namun karena sering banjir dan juga rawan keamanan kemudian desa ini dipindahkan.

Meski sudah dipindahkan karena tempatnya rendah dan tengah area persawahan maka julukan desa banjir terus melekat ke desa ini sampai sekarang. Namun kenyataannya setiap tahunnya desa ini pasti tergenang entah rendah atau tinggi tergantung curah hujan.

Oleh karena itu warga desa ini harus selalu siap siaga dengan datangnya air banjir. Pemerintah juga telah membangun rumah tinggi untuk tempat mengungsi warga. Selain itu juga dibuatkan rambu-rambu untuk jalur evakuasi di desa ini. (Muin)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply