blogdesa.id

Ada Kapal Bambu Di Pantai 1000 Ranting Panggung Jepara

 Jepara – Pantai Desa Panggung kecamatan Kedung akhir akhir ini ramai dikunjungi warga. Selain warga seputaran Kecamatan Kedung banyak pula pengunjung yang datang dari kabupaten sebelah yaitu kabupaten Demak. Setiap pagi ,siang sampai sore hari jika cuaca cerah ratusan hingga ribuan orang datang silih berganti.

Mereka datang ke pantai ini karena informasi dari social media seperti face book , twitter, instagram ,blog dan juga youtube. Dengan semakin ramainya pantai ini menjadi tantangan sendiri bagi pengelola pantai yaitu para pemuda. Mereka kemudian menata kawasan pantai ini sebaik-baiknya.

Pantai yang dulu banyak sampah dari tengah laut , kini mulai dibersihkan. Rerumputan dan tanaman perdu juga dibersihkan sehingga pasir putih kelihatan lebih lebar dibandingkan dengan dulu. Area foto untuk selfi pengunjung setiap waktu juga ditambah. Gubug-gubug kecil beratap rumbia juga mulai didirikan.

 

Yang baru di garap saat ini adalah perahu yang terbuat dari bamboo dan kayu bekas. Perahu berukuran panjang 10 meter dan lebar 3 meter ini sudah 80 persen jadi. Bentuknya seperti perahu nelayan namun terbuat dari potongan bamboo dan  kayu kecil-kecil. Di depan perahu ada setir atau kemudi.

“ Ini murni kreatifitas para pemuda disini , bagaimana membuat pengunjung kerasan di pantai ini. Sehingga pemandangannya tidak itu-itu saja. Jika ada teman yang berkreasi saya persilahkan . Contohnya perahu ini nantinya bisa untuk foto-foto pengunjung “, kata Usman salah satu pemuda Panggung pada kabarseputarmuria.

Tidak itu saja masih banyak kreasi yang akan ditampilkan di pantai Panggung ini . Tampak bamboo dan kayu masih berserakan di pantai. Bamboo bambun itu nantinya dibuat jembatan laying di pinggir pantai . Selain itu pengelola wisata pantai panggung ini juga menyiapkan tempat parkir , tempat bilas dan juga kantin untuk menjual makanan dan minuman.

Biaya untuk menata pantai Panggung ini masih swadaya para pemuda . ke depannya mereka berharap ada bantuan dari desa atau dinas instansi terkait pemerintahan kabupaten Jepara. Dengan adanya tambahan dana maka penataan kawasan pantai Panggung ini lebih baik lagi. (Muin)

 

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply