blogdesa.id

Ibu Ahwanah Puluhan tahun Berjualan Hasil Laut Di Pasar Ikan Kedungmalang

Jepara – Desa Kedungmalang kecamatan Kedung saat ini mulai ramai . Setelah jalan raya naik kelas menjadi jalan propinsi. Selain lebar  juga mulus kondisinya ,sehingga banyak pengendara yang menuju ke kota Jepara mencoba lewat desa pesisir Selatan Jepara ini.

Dengan semakin ramainya jalan ini membuat pasar ikan kecil di perempatan desa kedungmalang ini selalu ramai dikunjungi oleh para pengendara yang lewat. Apalagi jika hari Minggu dan libur pasar ikan kecil ini tiada sepi dari pembeli.

Salah satu penjual ikan dan hasil laut di pasar ini adalah ibu Ahwanah (45) warga desa Kedungmutih kecamatan Wedung kabupaten Demak. Ia merupakan pedagang awal di pasar ikan di perempatan desa kedungmalang.

Sebelum berjualan di pasar ikan desa Kedungmalang ,ia berjualan di pasar ikan Kedungmutih.Dulu ia berjulan dipinggir jembatan tanpa ada peneduh. Namun seiring dengan perkembangan waktu akhirnya jumlah pedagang bertambah dan ada atap untuk peneduh.

“ Sepuluh tahun belum kayak begini penjual hanya saya sendiri dan belum ada peneduhnya. Awalnya ya sepi tanpa pembeli namun lama kelamaan menjadi ramai seperti saat ini “, cerita ibu Ahwanah.

Dengan semakin ramainya jalan raya Jepara – Welahan via Kedungmalang. Ibu Ahwanah ketiban rejeki karena dagangannya selalu laris di serbu pembeli. Dagangan utamanya berupa kepiting , udang , kerang dan ikan kering. Jika ada musim tiram iapun juga berjualan tiram.

Ketika kabarseputarmuria mampir ke lapaknya , ia sedang melayani pembeli ibu-ibu rombongan dari Jekulo Kudus. Ibu-ibu Karyawan rokok Djarum ini mengadakan wisata ke kota Jepara dengan naik kereta odong-odong. Setelah ke obyek wisata di Jepara mereka mampir ke pasar ikan Kedungmalang.

Mereka memborong ikan dan hasil laut di pasar ini. Ada yang membeli kerang , kepiting , udang dan juga hasil laut lainnya. Mereka membawa ikan dan hasil laut lainnya untuk oleh-oleh yang di rumah. Setelah puas berbelanja merekapun  kembali ke Kudus naik kereta odong-odong .

Nah bagi anda yang kebetulan lewat desa Kedungmalang anda bisa mampir ke pasar ikan kecil ini. Adapun jam bukanya mulai jam 9 siang sampai menjelang maghrib. Lokasinya cukup mudah dijangkau yaitu di perempatan desa Kedungmalang dekat dengan jembatan perbatasan Demak dan Jepara. (Muin)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply