blogdesa.id

Pak Eko Siswanto Bhabinkamtibmas , Yang Selalu Siap Siaga di Desa

Jepara – Bagi Aiptu Eko Siswanto  ( 45 ) bekerja diniati ibadah , sehingga susah senang dijalani dengan senang hati. Sebagai anggota Polri kemanapun ditugaskan harus dilaksanakan. Saat ini ia ditugaskan sebagai Bhabinkamtibmas di desa Karangaji dan Tedunan  kecamatan Kedung. Sehingga desa merupakan kantornya saat ini.

Setiap hari ia selalu stand by di desa binaan untuk memantau berbagai macam kegiatan warga masyarakat. Desa mengadakan  kegiatan gotong royong memperbaiki jalan iapun ada ditempat itu. Remaja mengadakan kegiatan olah raga iapun ikut berbaur dengan mereka. Dengan anak-anak sekolah ipun tampak akrab bak seoarang guru.

“ Sebagai Bhabinkamtibmas desa merupakan tempat tugas saya , sehingga semua kegiatan saya ada di desa saya ke kantor ya jika ada keperluan mendesak saya ya 1-2 hari setiap minggunya “, kata Aiptu Eko Siswanto pada kabarseputarmuria.

Sebagai seorang Bhabinkamtibmas , ia selalu siaga di tengah masyarakat. Oleh karena itu ia tak marasa canggung memegang cangkul , angkat semen  , angkat batu sampai dengan terjun ke sungai normalkan aliran. Selain itu ia mendatangi komunitas remaja untuk diajak berdialog agar tercipta keamanan dan kenyamanan desa.

“ Kadang saya menemukan remaja yang bergerombol mengkonsumsi minuman keras, lalu saya beri nasehat agar mereka tak melakukannya lagi. Memang itu salah satu tugas saya kadang penerimaan mereka kurang baik namun terus saya dekati “, tambahnya.

Tak jarang ia melakukan tugasnya itu sampai larut malam. Terutama jika menjelang kegiatan HUT kemerdekaan RI dengan banyak kegiatan di desa. Ia sering menunggui lomba-lomba HUT kemerdekaan agar tercipta suasana aman dan nyaman. Bahkan kadang ia menginap di desa ia jalani dengan senang hati.

“ Tugas Bhabinkamtibmas memang di desa terus , kadang saya juga ewuh dengan anak dan istri. Namun Alhamdulillah Istri saya pengertian dengan tugas yang saya jalani . Sehingga sayapun menjalankan tugas dengan enjoy”,jelas pak Polisi yang mengawali tugasnya di Polda Jateng mulai tahun 1995.

Sebagai polisi berbagai penugasan ia jalani , menjadi intel ,sabhara, satair dan terakhir menjadi Bhabinkamtibmas.  Sedangkan tempat tugasnya juga berpindah-pindah mulai dari Semarang , Pati , dan terakhir di Jepara. Namun demikian semua itu ia jalani dengan senang hati. Sehingga kerjapun menjadi ringan.

Ia mengakui bertugas menjadi Bhabinkamtibmas memang banyak tantangannya , tetapi semua itu ia jalani.  Berbaur dengan masyarakat berbagai lapisan kerja menjadi ringan dan menyenangkan. Ketika ada gotongroyong ikut gotongroyong, ada kegiatan olah raga juga ikut olah raga . Ada kegiatan social juga tidak ketinggal ikut mendukung.

“ Mohon do’anya agar saya bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya , kalau sudah menjadi kewajiban tugas seberat apapun menjadi ringan “, kata pak Aiptu Eko Siswanto menutup sua. (Muin)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply