blogdesa.id

Rob Bandang Terjang Pantai Demak Jepara Ratusan Rumah Tergenang

Jepara – Hujan disertai rob yang orang pantai menyebutnya rob bandang  Kamis malam hingga Jum’at dini hari membuat ratusan rumah tergenang. Selain itu juga menghancurkan puluhan ton garam milik petambak. Genangan mulai dari Pantai Semat Jepara hingga pantai desa Babalan Demak.

Shohib warga dukuh Bandengan desa Surodadi kecamatan Kedung mengatakan , datangnya rob bandang begitu cepat. Sehingga warga kaget tiba tiba rumahnya sudah kemasukan air. Selain hujan yang deras juga disertai angin yang cukup kencang. Akibatnya rumah yang lantainya rendah terendam air.

“ Selain merendam rumah air rob juga , merendam beberapa gudang garam yang masih ada isinya. Beberapa gudang garamnya hancur terlihat setelah air surut “, kata Shohib.

Sementara itu puluhan rumah di desa Kedungmutih kecamatan Wedung kabupaten Demak juga terendam air rob. Rumah yang terendam terletak di RW 03 sebelah Barat jalan beton. Hampir semua rumah kamasekan air . Genangan di rumah bervariasi mulai 10 cm hingga 50 cm.

Mas’ud pada kabarseputarmuria mengatakan , genangan air rob tadi malam merendam jalan beton. Untung rumahnya agak tinggi sehingga tidak kemasukan air. Namun kiosnya yang berada disebelah rumahnya teremdam air. Dagangannhya berupa karung plastic kocar-kacir.

“ Selain hujan juga disertai angin , air masuk tiba-tiba sekitar pukul 3 malam , namun beberapa jam kemudian air surut “, tambah H. Mas’ud.

Desa Babalan yang terletak di pantai juga tak luput dari banjir akibat rob bandang. Di desa ini hampir separuh rumah warga tergenang . Selain rumah jalan-jalan kampung juga tergenang air. Hanya rumah yang tinggi yang tidak terjamah rob bandang.(Muin)

Foto : FB TAUFIQURROHMAN

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply