blogdesa.id

Yuk Belajar Tanam Mangrove di Green House Sibat Kedungmutih Demak

Demak – Sibat ( Siaga Bencana Berbasis Masyarakat ) PMI Demak memang hebat , selain berprestasi tingkat nasional dilapangan juga menjadi penggerak warga masyarakat. Salah satunya Sibat PMI desa Kedungmutih yang mempunyai berbagai banyak kegiatan .

Selain ikut berkecimpung di kegiatan masyarakat Sibat mempunyai kegiatan inti yaitu pelestarian alam pantai dengan penanaman mangrove dan cemara laut. Selain menanam Sibat Kedungmutih juga mempunyai green house yang digunakan untuk pembibitan sekaligus eduwisata .

Di tempat ini tumbuh ribuan pohon mangrove yang berumur puluhan tahun. Selain digunakan sebagai tempat pembibitan mangrove . Green house ini juga sebagai pembesaran atau penangkaran kepiting bakau. Anakan kepiting di sebar dan di ambil atau di panen jika sudah besar.

Dengan di bukanya Green House Sibat Kedungmutih sebagai eduwisata khususnya pelestarian alam pantai ini. Beberapa anak sekolah mulai mengunjungi tempat ini . Mereka melihat tanaman mangrove yang tumbuh besar , melihat bibit mangrove dan juga kepiting bakau di dalam kawasan hutan mangrove mini ini.

Muhalim (45) coordinator Sibat desa Kedungmutih mengatakan , pelestarian alam pantai dengan mangrove adalah suatu keharusan. Pesisir pantai rusak karena abrasi yang meraja lela setiap tahunnya. Tanaman mangrove sudah terbukti dapat menghambat lajunya abrasi.

“ Contohnya disini mangrove tumbuh subur dan akarnya mencengkeram kuat tanah lumpur . Nah jika semua pantai mulai dari Kedungmutih sampai sayung sana ada hutan mangrove abrasi akan terhambat “, kata Muhalim.

Green House Sibat Kedungmutih ini memang disediakan untuk siapa saja yang mau belajar dan bergabung dalam pelestarian alam pesisir. Oleh karena itu tempat ini ditata agar warga masyarakat utamanya para pelajar bisa belajar dan tahu tentang tanaman mangrove.

“ Di tempat ini kami buat jembatan-jembatan kecil untuk mengitarai hutan mengrove mini. Mereka akan merasakan sejuknya berteduh di hutan mangrove ini. Selain itu mereka juga bisa foto-foto atau selfie di sini “, tambah Muhalim yang getol melestarikan alam pantai Kedungmutih dengan menanami mangrove dan Cemara laut.

Nah  bagi anda yang ingin melihat Green House PMI Sibat Kedungmutinh silakan datang ke desa Kedungmutih kecamatan Wedung kabupaten Demak. Adapun lokasinya cukup mudah dekat pangkalan garam desa Kedungmutih . Jika anda berombongan  anda bisa naik perahu menuju ke Green House  dari lapangan desa Kedungmutih. Jika anda tertarik ke tempat ini anda  bisa menghubungi Sibat PMI Kedungmutih di no hp 085747403001 / 08585151048.(Muin)

Foto diambil dari Face Book

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply