blogdesa.id

Durian Jepara Kini Mulai Langka , Tahun Baru Diperkirakan Booming Lagi

Jepara – Jepara selain terkenal ukirnya juga mempunyai buah raja yang banyak di gemari orang . Ya Buah yang berduri tajam dari  Jepara ini selalu di buru meski ada buah sejenis dari daerah  lain. Mengapa demikian  ? Durian Jepara selain rasanya enak dan lezat harganyapun tidak begitu mahal dibandingkan dari daerah lain.

Di bulan November ini buah durian di Jepara mulai langka . Di pasar Ngabul yang menjadi gudangnya atau tempat perkulakan durian Jepara barang mulai langka. Hal itu berimbas pada  pasar pasar lain yang juga menjual buah berduri ini. Seperti halnya di Kalinyamatan tepatnya area pasar Purwogondo buah ini tidak begitu banyak di jajakan.

Sehingga harga durian inipun akhirnya menjadi mahal dibanding satu atau dua bulan yang lalu setidaknya kenaikan harga bisa mencapai tiga puluh sampai lima puluh persen. Durian sedang yang biasanya hanya Rp 50 ribu kini naik menjadi Rp 70 ribu – 80 ribu. Begitu juga durian ukuran kecil yang biasanya di jual Rp 25 ribu -30 ribu naik menjadi Rp 40 ribuan.

“ Durian sekarang sudah jarang mas sudah habis di pohon , harganyapun sekarang juga mulai naik mas tapi meski kecil seperti ini dalamnya bagus . Kalau tidak bagus akan saya ganti lagi “, papar seorang penjual.

Ditambahkan , durian pada bulan ini merupakan durian sisa musim pertama. Sehingga durian Jepara kini sudah langka . Jika ada yang menjual stoknya tidak begitu banyak. Akibatnya harga yang ditawarkan juga agak mahal dibandingkan beberapa bulan yang lalu. Oleh karena stok durian di pasar pasar kecil juga tidak ada . (Muin)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply