blogdesa.id

Warga Pesisir Wedung Mulai Kesulitan Air Bersih, Desa Babalan Dapat Droping Air Bersih dari BPBD Demak

Demak –  Warga pesisir utara Kecamatan Wedung dalam beberapa hari terakhir sudah kesulitan mendapatkan air bersih . Penyebab utamanya adalah Pipa PDAM  yang mengaliri desa pesisir seperti Kedungmutih , Kedungkarang dan Babalan tidak begitu lancar. Sehingga pasokan air bersih di rumah warga habis  setiap harinya. Selain itu kualitas air juga menurun hanya bisa untuk mandi cuci saja.

“ Dulu memang lancar setiap malamnya saya bisa mengisi tendon air di atas. Namun beberapa hari ini alirannya tidak begitu kuat sehingga tidak bisa mengisi tendon air yang diatas.  Paling hanya mengisi bak saja sehingga untuk keperluan sehari saja sudah habis “, kata Juwariyah warga desa Kedungmutih pada karseputarmuria.com.

Juwariyah mengatakan dulu kualitas air bagus bisa untuk memasak dan sebagian warga ada yang menggunakan untuk minum. Namun sekarang kondisi air tidak jernih lagi air berwarna kehitaman sehingga klayak untuk madi dan cuci saja. Untuk memasak biasanya warga membeli air bersih dari Jepara lewat penjaja air keliling.

“ Sekali beli ya Rp 15 ribu dapat tiga drum plastic , bisa untuk kebutuhan memasak dan air minum setengah bulan. Jika untuk mandi dan cusi paling tiga hari sudah habis “. tambah Juwariyah.

Melihat kondisi ini warga berharap ada bantuan air dari pemerintah kabupaten seperti yang dulu-dulu. Air bersih sangat dibutuhkan oleh warga untuk memasak dan minum. Saat ini membeli   air jerigen dari para pedagang air keliling dari Jepara sangat sulit . Sebab, penjualan air tersebut sudah di hentikan sehingga warga kesulitan membeli air bersih. Satu-satunya jalan hanya mengandalkan bantuan pasokan air bersih dari Pemkab Demak.

Hal sama juga dialami warga desa Babalan juga kesulitan air bersih akhir akhir ini . Sehingga BPBD Demak pada hari Kamis ini meluncurkan 5 tangki air bersih ke desa pinggir pantai ini  . Kelima tangki air yang melewati jalur Utara tertahan di jalan raya menuju desa Babalan karena ada betonisasi jalan masuk desa Babalan.

“ Tujuan kami hari ini mau ke desa Babalan untuk antar air bersih ini, karena jalan dari Utara tertutup oleh pengerjaan jalan kami akan muter lagi lewat desa Berahan Wetan dukuh Menco ‘, kata salah satu petugas BPBD Demak yang mengantar air bersih ke desa Babalan. (Muin)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply