blogdesa.id

Belajar pada Pak Haji Sarkam , Bisnis Pembuatan Paving Tak Ada Sepinya

Jepara –  Selain Batu bata merah paving atau beton block mini masih diminati oleh warga masyarakat. Paving ini biasanya digunakan untuk pelapis halaman atau jalan. Selain praktis cara pemasangannya biayanya juga lebih murah dibanding cor beton secara langsung. Seain itu paving jika rusak masih bisa di tambal sulam.

Melihat kondisi itulah maka Haji Sarkam salah pengusaha toko  Bangunan di desa Sowan Lor membuka usaha pembuatan dan penjualan paving. Di tokonya pinggir jalan raya Pecangaan – Bugel setiap hari ia melayani pembelian paving secara eceran maupun grosiran.

“ Ya peminat paving masih banyak sehingga sayapun mencoba usaha untuk pembuatan paving ini , dan permintaan konsumen cukup besar sehingga pekerja setiap harinya jalan maeski hanya dua mesin tapi sudah lumayan banyak “, kata Haji Sarkam yang dulunya penjaga SD pada kabarseputarmuria.

Sarkam mengatakan pembuatan paving ini cukup mudah dan bahan bakunya sederhana. Bahan baku utama adalah pasir muntilan kualitas bagus dan juga semen . Kedua bahan itu dicampur dengan ukuran tertentu . Lalu dimasukkan dalam mesin pres setelah keluar tinggal dikeringkan.

Saat ini ia membuat dua jenis paving ada paving segi enam dan paving bata. Untuk paving segi enam biasanya digunakan untuk lantai misalnya halaman parkir , jalan setapak dan juga gang-gang. Sedangkan paving bentuk bata biasanya digunakan untuk dinding gudang atau pagar . Kedua jenis ini semuanya laris diminati oleh pelanggan.

Ia mempekerjakan dua orang tenaga borongan untuk membuat paving ini. Di gudangnya ada dua mesin paving yang satu segi enam dan yang satunya lagi segi empat. Setiap harinya ia melayani penjualan paving ini . Biasanya pembeli datang bersamaan dengan pembelian matreal lain di toko bangunan yang di jaga istrinya di perempatan blok M Sowan Lor.

“ Sebelum buka usaha pembuatan paving ini saya buka toko matreal sekarang di jaga oleh istri saya. Karena permintaan yang banyak akan paving ini sayapun kemudian buka usaha paving disini. Selain paving saya juga membuat bis beton untuk sumur dan juga WC “, tambah Sarkam.

Sarkan sebelum buka usaha toko matreal adalah penjaga SD do sebuah SD di Demak. Ketika punya modal sedikit iapun mulai usaha mebelan. Usaha mebelan pernah lancar . Namun karena persaingan dan juga permintaan turun usaha mebel dikurangi kini focus pada usaha matreal bahan bangunan.

Nah bagi anda yang tinggal di seputaran Sowan lor yang  butuh paving dan bis beton bisa datang ke tempat haji Sarkam. Tokonya cukup mudah dari perempatan blok M kurang lebih 500 meter arah ke Pecangaan. Di kanan jalan jika ada tumpukan paving dan bis beton itulah tokonya. (Muin)

Butuh Paving untuk Halaman dan Jalan hubungi HP: 085 290 238 476

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply