blogdesa.id

KKN PPM Tematik UNDIP , Ajang Berbagi Ilmu dan Pengalaman Di Desa

Kudus –   Tim KKN PPM Tematik Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani dan Ternak Desa Lau, Kec. Dawe resmi ditarik kembali. Upacara penarikan dan pelepasan ini berlangsung di Balai desa Lau dan dihadiri oleh Camat Dawe Bapak Budi Utomo, Kepala Desa Lau Bapak Heru Setiawan beserta perangkat, Tim Dosen Pembimbing Lapangan, para pemenang lomba peringatan HUT RI, dan semua mahasiswa KKN Tematik Lau 2017.

Upacara Pelepasan dimulai dengan sambutan sambutan. Dalam sambutannya Pak Budi Utomo dan Pak Heru Setiawan bertemakasih atas bantuan dan program program yang dilakukan TIM KKN guna memberdayakan masyarakat Desa Lau. Lebih lanjut mereka berharap apa yang telah diajarkan dapat diterapkan dan dilanjutkan walaupun KKN telah berakhir.

Dalam acara ini juga dipaparkan program program apa saja yang telah dilakukan oleh TIM KKN PPM Tematik Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani dan Ternak Desa Lau Kecamatan Dawe yang dikoordinir oleh Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc.,Ph.D. Program-program tersebut antara lain, pertama dari tim FPP mengusung program pelatihan pembuatan pakan ternak dari fermentasi kulit singkong, pembuatan EM 4 alami dari limbah rumah tangga, pupuk organik dan  

 Dari tim FK mengusung program Kelas Diabetes, Kelas Bayi dan Balita, Pemetaan Status Gizi Bayi dan Balita, Senam Lansia, Senam Zumba dan berperan aktif dalam pelaksanaan Posyandu di Desa Lau selama waktu KKN.

Ketiga dari tim FEB dengan program Pemetaan UMKM, Pelabelan Usaha Pupuk Cair dan Pelatihan Pembukuan Sederhana untuk UMKM. Selanjutnya tim FISIP dengan program membuat sistem tata kelola perpustakaan desa dan membantu dalam pembuatan RKP Desa Lau. Terakhir dari tim FT dengan program pembuatan Master Plan Kantor Balai Desa Lau dan Taman dukuh Pacikaran, Pembuatan Peta Gizi dan UMKM serta pelabelan dan pengemasan produk kripik dan gula merah.

Selain program-program tersebut diatas, Tim KKN PPM Tematik Lau 2017 juga berperan aktif dalam berbagai acara desa seperti Sedekah Bumi, Peringatan HUT RI, dan PKK.

“Seperti yang dikatakan Tim Dosen saat penerjunan awal, KKN merupakan ajang memberi dan menerima baik ilmu, pengetahuan, budaya, dan sosial masyarakat yang pastinya tidak didapatkan di kampus. Dan itu benar, kami mendapat banyak pengalaman dan pelajaran baru disini.” Ujar salah satu mahasiswa.

Acara diakhiri dengan penyerahan plakat dan kenang kenangan berupa Peta Gizi, Peta UMKM, dan print out Master Plan Kantor Balai Desa Lau.

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply