blogdesa.id

Perhatian !!!! Konsumsi Komix Untuk Mabuk, Tiga Pelajar Di Amankan Polisi

Jember – Tiga remaja diamankan saat polisi menggelar patroli rutin pada Sabtu (5/8/2017) lalu. Mereka diamankan saat pesta minum obat batuk merek Komix. Ironisnya, ketiganya masih berstatus pelajar di salah satu SMK di Kecamatan Tanggul.

Ketiga pelajar yang diamankan di jalan raya depan Pabrik Gula (PG) Semboro, Desa/Kecamatan Semboro itu adalah ZA (18) warga Dusun Krajan, Desa Tanggul Wetan, Tanggul, HA (18) warga Dusun Krajan, Desa Patemon, Tanggul, dan AS (17) warga Jalan Nangka, Desa Tanggul Wetan, Tanggul.

Dari mereka, polisi mengamankan 20 sachet sirup obat batuk merek Komix, 10 bungkus Komix kosong, dan segelas air mineral yang sudah dicampur obat batuk.

Ketiganya langsung digelandang ke Mapolsek Semboro, untuk dilakukan pemeriksaan. Polisi akhirnya memproses ketiganya dengan Tindak Pidana Ringan (Tipiring). Namun sebelum ketiganya dilepas, polisi memberikan pembinaan, sekaligus menandatangani surat pernyataan tidak akan mengulangi lagi perbuatannya.

Bila diminum berlebihan obat batuk bisa menimbulkan efek mabukBila diminum berlebihan obat batuk bisa menimbulkan efek mabuk (Foto: istimewa)

Menurut Kapolsek Semboro AKP Subagiyo, pesta minuman Komix sudah cukup lama menjadi trend kalangan pemuda untuk mabuk-mabukan.

“Di dalam sirup obat batuk Komix ini kan ada campuran Dextromethorphannya. Nah, Dextro ini kalau dikonsumsi berlebihan, akan menimbulkan efek seperti orang mabuk,” jelas Subagiyo, Rabu (9/8/2017).

Biasanya, lanjut Subagiyo, para pemuda ini membeli Komix dalam jumlah banyak. “Kemudian, Komix cair itu dicampur dengan air mineral dan langsung diminum beramai-ramai,” ungkap Subagiyo.

Padahal, meminum obat secara berlebihan, tentu sangat membahayakan. “Selain mengganggu pikiran, juga bisa merusak organ tubuh dalam,” sambungnya.

Untuk itu, Subagiyo mengimbau kepada orang tua untuk tidak lepas kontrol terhadap pergaulan anak. Segera mencari atau meminta anak pulang, jika sudah melewati larut malam.

“Ini bukan apa, semata-mata untuk menjaga masa depan anak agar tidak terjerembab ke dalam pergaulan yang tidak sehat,” pungkas Subagiyo.
(iwd/iwd)

Sumber  Berita dan Foto dari : Detik.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply