blogdesa.id

Hanya Seminggu Harga Garam Capai Rp 400 ribu ,Kini Turun 100 Persen Lebih

Demak – Harga garam serasa emas memang pernah dirasakan oleh petambak garam Demak . Seminggu yang lalu harga garam mencapai Rp 400 ribu setiap kwintalnya di lahan. Namun kini harga garam terjun bebas , garam krosok dibeli pengepul Rp 160 ribu setiap kwintalnya. Penyebab utama terjunnya harga garam karena informasi garam impor sudah mendarat dan panen raya.

Hamzawi Anwar salah satu pengepul garam di Kedungmutih mengemukakan, turunnya harga garam ditingkat petani karena permintaan pembeli  garam  . Sejumlah Pembeli yang biasa mengambil garam minta turun harga. Oleh karena itu untuk mengatasi kerugian iapun menurunkan harga beli ditingkat petani. Kalau tidak demikian maka ia akan menanggung kerugian yang besar.

“ Ketika saya butuh garam  kemarin harga sudah deal namun ketika hujan dikit , petambak langsung minta harga naik kami terpaksa membeli karena sudah ada kewajiban setor kepada pembeli. Turun harga ini juga permintaan pembeli turun jadi harus saling menyadari “, kata Hamzawi.

Abdul Kalim salah satu Petambah Garam Demak mengemukakan, minggu ini harga garam memang turun banyak . Para pengepul tidak lagi datang ke lahan berburu garam , kalaupun ditawari mereka minta harga turun. Penurunan harga yang cukup tinggi itu membuat ia menahan garamnya di lahan. Ia merasa saying jika garamnya dijual murah.

“ Memang ada penurunan harga yang tinggi , hampir seratus persen kemarin mereka beli garam Rp 175 setiap zak dengan  isi sekitar 45 Kg . Namun sekarang mereka hanya mau beli Rp 80 ribu setiap kwintalnya. Ya karena gudang kita kosong ya tak masukkan dulu “, kata Abdul Kalim yang pada musim garam ini sudah menjual garamnya hampir Rp 60 Juta.

Melihat kecenderungan harga garam yang terus turun. Sokhib pengurus KSU “Mina Barokah”  Surodadi kecamatan Kedung Jepara mengadakan pertemuan petambak garam. Selain membangun komunikasi yang baik sesame anggota . Pertemuan itu juga membahas penurunan harga garam yang tinggi. Ia mengakui harga garam tahun ini cukup luar biasa.

“ Tak lihat harga garam tahun ini sungguh luar biasa , sehingga jika ada penurunan harga setelah panen raya hal yang wajar. Sebagai petani harus cerdas mengambil sikap atas penurunan harga garam ini. Saya berharap turunnya tidak begitu drastisnya sehingga petambak masih merasakan manisnya garam. Contohnya jika harga garam Rp 100 ribu perkwintal petambak masih untung banyak “, tambahnya. (Muin)

BUTUH GARAM KROSOK DEMAK HUBUNGI HAMZAWI ANWAR 085727809314

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply