blogdesa.id

Pelatihan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Urus Sampah Dan BAB Sembarangan

Demak  –   Kodim 0716 Demak laksankan kegiatan program pelatihan dan Rapat Koordinasi STBM ( Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ) bersama Dinas Kesehatan dan perwakilan Babinsa Koramil se Kabupaten Demak.

Yang dilaksanakan di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Adapun yang ikut dan turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Dinkes Provinsi Jateng ibu Cicik, SDK (Sumber Daya Kesehatan Kabupaten Demak ),ibu Retno Dinas Staf Kesling Demak,Sugeng Riyadi dan perwakilan Babinsa Kodim 0716/Demak.

Kesehatan merupakan faktor yang sangat penting dalam penataan kehidupan bermasyarakat oleh karena itu berbagai upaya dilakukan baik oleh TNI dan Pemerintah untuk meningkatkan kesehatan dimulai dengan usaha prepentif secara individu,kelompok dan menyeluruh.

 Salah satunya adalah sanitasi total yang merupakan upaya bersama seluruh warga masyarakat, dengan kader sebagai penggerak utama dan pertama.Babinsa jajaran Kodim 0716/Demak mengikuti kegiatan yang di selenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Demak  dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) meningkatkan akses sarana jamban yang ada pada masyarakat dan menurunkan angka buang air besar sembarangan serta mendidik masyarakat yang peduli dengan sampah.

Sampah adalah sisa kegiatan manusia yang sudah tidak berguna. Tujuan pengelolaan sampah adalah agar sampah yang dihasilkan tidak menambah masalah atau bahkan memberi hasil guna pada masyarakat.Sampah terdiri dari 2 jenis yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik bisa diolah kembali menjadi kompos sedangkan sampah anorganik bisa didaur ulang atau diolah menjadi kerajinan.(Pendim 0716/Demak)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply