blogdesa.id

TMMD Sengkuyung Desa Jungpasir , Bangun Tempat Pengolahan Sampah

Demak – Desa Jungpasir selama satu bulan menjadi ajang TMMD Sengkuyung . Desa yang terkenal dengan buah Jambu Citra dan Delima ini mendapatkan berbagai macam proyek phisik dn non phisik. Salah satu proyek phisik adalah dibangunnya TPS ( Tempat Pengolahan Sampah) . Dengan adanya TPS ini diharapkan warga tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“ Selain itu dengan adanya TPS ini kami berharap ada nilai manfaat dari sampah itu sendiri . Sampah yang  biasanya terbuang percuma bisa dimanfaatkan untuk  pupuk. Selain itu yang non organic bisa dijual atau dibuat kerajinan”, kata Abdullah Afif ,SPdI ketua BPD Jungpasir pada kabaredemak.

Pembangunan TPS ini merupakan program TMMD Sengkuyung  selain rabat beton dan talud. Adapun  lokasi bangunan TPS ini adalah di pinggir an jalan rabat beton.  Ke depannya dia berharap TPS ini bisa dikembangkan dengan pengolahan sampah lainnya. Seperti halnya pengolahan sampah plastic menjadi bahan bakar.

“ Beberapa hari yang lalu kami studi banding di beberapa daerah yang telah berhasil mengolah sampahnya.  Kami berharap desa Jungpasir nantinya menjadi desa percontohan berkaitan dengan pengolahan sampah bagi desa lainnya di kecamatan Wedung” tambahnya.

Abdullah Afif yang juga Guru MIN Jungpasir menambahkan , Sampah menjadi permasalahan bagi desa-desa di kecamatan Wedung.  Semua itu karena belum adanya tempat pengolahan sampah yang memadai. Sehingga sampah dibiarkan begitu saja tanpa ada tindakan apapaun. Kadang menimbulkan masalah lingkungan hidup selain berbau juga menimbulkan pemandangan yang tidak sedap.

“ Oleh karena itu kami mewakili warga desa Jungpasir mengucapkan terima kasih dengan adanya program TMMD Sengkuyung ini .  Kami juga mengucapkan terima kasih pada Kantor KLH Demak yang juga memberikan bantuan mesin pengolahan sampah ini “, tambah Afif yang didampingi pj. Carik Dalhar.

Dengan selesainya tempat pengolahan sampah ini ia berharap tidak ada lagi sampah yang berserakan . Sedangkan TPS ini bisa bermnfaat bagi warganya selain bisa memasok sampah organic untuk kebun jambu . Dan sampah non organic bisa memberikan penghasilan atau pemasukan bagi TPS sebagai dana operasional. (Muin)

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply