blogdesa.id

Thong-Thek “Merpati Jaya” Kecapi Thong Thek Juara Di Jepara

Jepara – Ada Yang menarik di acara karnaval dalam rangka khoul Mbah Kopek Sentono desa Sowan Kidul kecamatan Kedung. Ada satu peserta tamu yang menjadi perhatian penonton. Peserta tamu itu adalah grup thong thek Merpati Jaya yang berasal dari dukuh Karanganyar Desa Kecapi kecamatan Tahunan .

Dengan membawa rombongan yang cukup banyak mereka memainkan music thongthek yang terdengar indah jika di dengar. Ketika berkeliling desa Sowan Kidul semua warga berdecak kagum atas kepiawaian mereka memainkan alat music sederhana. Bahkan Anggota DPR dari Fraksi Golkar Prof.Dr. Noor Ahmad MA sempat bertepuk tangan melihat penampilan mereka.

Grup Thong thek ini berdiri tiga tahun yang lalu di dusun Karanganyar desa Kecapi . Grup ini beranggotkan para remaja dan juga anak-anak sekolah. Ketika itu menjelang puasa dan ada tradisi orkes pembangun sahur. Merekapun membuat grup dengan peralatan seaadanya ada kenthongan , drum plastic dan juga peralatan musih pukul lainnya. Sedangkan grup thongthek itupun di beri nama “Merpati Jaya”.

Grup yang  berasal dari RT 01 dan RW 01 desa Kecapi ini mulai terkenal ketika pemerintah kabupaten Jepara mengadakan lomba thongthek sekabupaten Tahun 2015 . Grup inipun mengikuti lomba yang digelar di Halaman Masjid Agung.  Lomba yang diikuti oleh ratusan peserta dari pelosok Jepara cukup meriah. “ Merpati Jaya” keluar sebagai juara .

Mukhlisin salah satu pemain Thongthek “Merpati Jaya” mengatakan ,grup thong thek ini sering mendapatkan undangan untuk memeriahkan acara. Misalnya ikut menyemarakkan karnaval , mengisi acara festival dan juga mengisi hiburan orang punya gawe. Namun tidak lupa tugasnya sebagai pembangun sahur jika bulan puasa.]

Ditambahkan Muhlisin semenjak menjadi juara sekabupaten thongthek “Merpati Jaya” ini , sering mendapatkan panggilan untuk mengisi hiburan di panggung dan berjalan dilapangan. Jika dipanggung layaknya grup music lain ada lagu dan juga bisa diiringi dengan vokalis. Sedangkan di lapangan dan berjalan ada panggung khusus yang dibuat bisa berjalan sehingga kelihatan menarik.

“ Monggo bagi siapa saja yang mau mendatangkan grup Merpati Jaya ini bisa datang ke secretariat kami di Dusun Karanganyar desa Kecapi kecamatan Tahunan kabupaten Jepara atau bisa hubungi no HP 085 225 009 580 “, kata Muhlisin salah satu crew grup thongthek “Merpati Jaya” . (Muin)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply