blogdesa.id

Ini Cara Galang Dana Untuk Masjid , Lewat Ruwahan Massal di Bulan Sya’ban

Demak – Selain mengadakan   selamatan sendiri-sendiri di rumah ada  juga warga yang mengadakan  ruwahan  massal dengan   cara dikoordinir oleh pengurus musholla , Masjid atau Jam’iyah lainnya, adapun caranya panitia menyebarkan edaran yang berisi nama pengirim arwah dan arwah yang dikirimkan do’anya  .  Dalam  mengirim arwah pengirim  memberikan sekedar uang untuk   kas yang  nantinya  dapat digunakan untuk keperluan Musholla, Masjid atau  Perkumpulan.

Untuk  Masjid misalnya  setiap   habis  sholat Jum’at diadakan tahlil umum yang  pahalanya  ditujukan  pada arwah yang dikirimkan sesuai dengan yang  masuk pada   panitia.  Oleh karena  itu sebelum dimulainya  khotbah Jum’at maka  panitia  mengumumkan pada jamaah orang-orang yang mengirimkan  arwah  serta arwah  yang dikirimi do’a beserta jumlah  uang Jariyahnya.

Menurut  Roisul Huda   Ketua Panitia    Ruwahan Masjid Jami’ ”Baitul Makmur ” Desa Kedungmutih Wedung Demak, acara Ruwahan Massal ini   cukup efektif untuk menggalang dana pembangunan Masjid. Dalam setiap minggunya  bisa terkumpul minimal Rp 2.000.000,- ,  sehingga jika dalam bulan Ruwah  ada 5  kali tahlil umum maka dana  yang diperoleh  minimal 10 juta rupiah .

Oleh  karena itu tradisi ruwahan massal ini setiap tahunnya pasti digelar acara ruwahan massal,  sehingga jika bulan Rajab tiba Panitia  telah membagikan surat pemberitahuan diaadakannya Ruwahan massal dengan memberikan lembaran  yang berupa isian arwah yang dikirimkan . Kemudian jika bulan Ruwah tiba panitia lewat corong di Masjid mengumumkan pengumpulan  lembaran yang telah dikirimkan untuk dibacakan nanti setelah shalat Jum’at tiba.

” Jum’at pagi panitia stand by di masjid untuk menunggu kedatangan warga yang akan mengikuti arwahan massal. Biasanya warga datang dengan membawa potongan surat ruwahan . Mereka menuliskan nama arwah yang akan dikirim dan sejumlah uang sebagai jariyah ”, ujar Roisul Huda Koordinator penggalangan dana pembangunan masjid jami’ Baitul Makmur Jum’at (28/4) (MUIN)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply