blogdesa.id

Jelang Puasa , Polres Demak Grebeg Ribuan Petasan Di Desa Bungo

DEMAK – Untuk menjaga kondusifitas wilayah jelang puasa Polres Demak  menggerebek sentra produksi petasan di Desa Bungo, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Hasilnya, polisi menemukan belasan ribu petasan berbagai ukuran yang akan diedarkan menjelang Lebaran Idul Fitri mendatang.

“Ada banyak yang berhasil kita sita, dari dua lokasi berbeda. Yang pertama kita temukan sebanyak 3.000 petasan jenis kacangan dan lima ikat koran bekas yang akan digunakan untuk membuat petasan,” kata Kabag Ops Polres Demak, Kompol Sutomo, Jumat (31/3/2017) seperti di sitir dari Sindo News

Barang tersebut disita dari produsen petasan bernama Siti (35), yang beralamat di Desa Bungo RT 6/1 Wedung, Demak. Penggerebekan dilanjutkan ke lokasi berikutnya yakni kediaman Solekhah (48), yang tak lain adalah tetangga Siti.

“Di sini kita mendapatkan 4.128 petasan jenis segitiga, petasan jenis dor sebanyak 240 biji, dan 13.400 petasan kacangan. Selain itu juga ditemukan sumbu petasan yang disembunyikan dalam tas plastik kresek,” bebernya.

Meski telah sering dilakukan penggerebekan, namun warga desa tersebut tak jera untuk memproduksi petasan. Bahkan, produksi petasan dari Desa Bungo tak hanya dipasarkan ke Demak, tetapi juga beredar di beberapa daerah lainnya.

“Semua barang bukti telah kita amankan. Polisi selalu memberi arahan kepada warga tentang bahaya petasan ini. Bahan bakunya sangat mudah meledak, jadi lebih baik warga tidak main-main lagi dengan barang berbahaya itu,” tandasnya.

Sementara itu Kapolres Demak AKBP Sony Irawan  dalam gelar barang bukti di mapolres Demak mengatakan , penggrebegan di desa Bungo merupakan bukti keseriusan polisi menciptakan kondusifitas wilayah Demak jelang ramadhan dan hari raya. Biasanya penjualan petasan akan terjadi pada bulan-bulan jelang puasa dan lebaran. Dengan antisipasi ini diharapkan tidak ada lagi suara-suara petasan di tengah masyarakat.

” Dampak petasan ini cukup berbahaya , contohnya pada tahun lalu ada anak kecil yang karena ledakan petasan mengakibatkan tangannya terbakar. Inilah mengapa fihak kepolisian terus mengadakan razia petasan ini “, (Muin)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply