blogdesa.id

Macan Kurung , Hiasan Macan Yang Dikurung dari Belakang Gunung

Jepara – Macan Kurung adalah salah satu kerajinan ukir kuno yang berasal dari desa Mulyoharjo kecamatan kota Jepara. Macan Kurung adalah karya patung kayu berseni tinggi dengan ukiran macan yang alami tanpa ada sambungan dari bahan bakunya.

Karya seni ini berbentuk seekor macan yang hidup di dalam sebuah kurungan. Di dalam kurungan terdapat bola yang dapat menggelinding dan rantai pengikat macan. Bagian atas kurungan sering diberi berbagai hiasan berbentuk binatang, seperti burung, naga, ular, dan sebagainya. Karya seni ini mempunyai keunikan tersendiri dari teknik pembuatannya.

Ukiran ini dibuat pada segelondong kayu utuh tanpa dibelah dan tanpa sambungan.
Disebut juga dengan sebutan “macan kurung belakang gunung” karena karya seni ini lahir dari tangan terampil seniman ukir masyarakat dukuh belakang gunung desa Mulyoharjo Kecamatan Jepara.

Belakang gunung merupakan suatu wilayah yang sangat bersejarah dan fenomenal dalam sejarah pertumbuhan kerajinan ukir kayu di kabupaten itu. Sebuah mitos keajaiban pahat pusaka dan sejarah perkembangan ukiran Jepara tidak lepas dari dukuh tersebut.

Kegiatan mengukir itu terus tumbuh dan berkembang sampai sekarang sehingga menjadi pilar utama terciptanya kesejahteraan masyarakat setempat.

Sumber Info :Jepara Bumi Kartini

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply