blogdesa.id

Pengrajin “Kepang” di Karanganyar Jepara Kini Tinggal Hitungan Jari

Jepara Desa Karanganyar kecamatan Welahan kabupaten Jepara selain di kenal sebagai desa penghasil mainan tradisional juga desa penghasil “Kepang”. Kepang adalah bahan untuk dinding rumah yang terbuat dari bambu. Dulu Kepang merupakan satu-satunya bahan dinding rumah dan juga plafond. Namun seiring dengan perkembangan jaman , kini warga jarang menggunakan kepang sebagai dinding rumah. Kepang saat ini hanya dipakai untuk bangunan gubug dan gudang di belakang rumah.

Jumlah pengrajin Kepang di desa Karanganyar kecamatan Welahan ini kini hanya bisa dihitung dengan jari. Salah satunya yang masih bertahan adalah Mbah Supono.

Mbah Supono setiap harinya bisa membuat kepang 2-3 lembar saja. Dulu ketika masih muda sehari ia bisa membuat 5-6 lembar setiap harinya. Kepang hasil anyaman bambu ini ia jual pada pengepul dan hasilnya untuk menyambung hidupnya.

“ Dulu ya laku keras kepang ini , saat ini kepang hanya dibutuhkan orang untuk membuat gubug saja . Sehingga kebutuhannhya juga sedikit “, kata Mbah Pono. (Muin)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply