blogdesa.id

Yuk Kunjungi Waduk Punden Gemulung Pecangaan Jepara

Jepara  – Di desa Gemulung kecamatan Pecangaan ada sebuah Waduk atau penampungan  yang kini berfungsi juga sebagai obyek wisata . Waduk Punden Gemulung Jepara adalah bendungan yang semula digunakan untuk mengairi sawah di desa Gemulung dan Sekitarnya. di Waduk ini, suasananya cukup sejuk, karena dikelilingi oleh banyak pohon besar dan rindang. Dulunya pengelola disini menyediakan n perahu untuk mengarungi waduk ini, namun sekarang sudah tidak terdapat perahu lagi.

Disebut waduk punden karena tempat ini merupakan  punden atau tempat yang di pundi atau dihargai oleh desa Gemulung Pecangaan Jepara sejak dahulu. Dan Punden ini sudah ada sejak jaman dahulu dan terus di rawat , di lestarikn oleh warga hingga sekarang sebagai penghargaan kepada leluhur desa pada waktu dulu.

Selain disebut waduk punden, juga dinamakan sendang Kamulyan, karena dengan adanya bendungan ini, petani disekitar waduk ini bisa merasakan kemulyaan dengan adanya irigasi ke sawah mereka melalui waduk ini.Dengan adanya waduk ini sawah-sawah warga bisa terairi dengan lancar. Dari sawah sawah itulah warga Gemulung bisa hidup layak tanpa kekurangan hidup kejen keringan atau Mulya sampai sekarang. 

gemulung gemulung 2

Lokasi Untuk mencapai waduk ini, tidak begitu sulit. cukup memasuki ke desa Gemulung dan tanya pada warga sekitar letak waduk punden, Oleh warga pasti akan ditunjukkan letak Waduk pundhen gemulung 

Waduk punden ini terdapat beberapa bangunan gazebo yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan dan ketenangan waduk punden ini. Jika dikembangkan dengan baik tentunya obyek wisata ini akan semakin bertambah pengunjungnya . Selain itu warga desa sekitar juga akan menikmati hasil dari semakin banyaknya pengunjung yang datang

Waduk punden awalnya digunakan untuk mengairi sawah disekitar aliran sungai desa Gemulung, Krasak, Lebuawu. Karena dikelilingi oleh tumbuhan yang besar-besar dan rindang membuat lokasi waduk ini semakin asri,. Bendungan irigasi ini dibangun sekitar tahun 1955 mulanya hanya sebatas muara kecil, hingga pada tahun 1971 dapat alokasi impres sebesar 2,5 juta baru dibuat permanen dengan pintu air. Waduk permanen Gemulung ini masuk dalam harta benda Pemerintah Desa Gemulung yang pengelolaanya ditangani oleh Karang Taruna. 

Sumber : WIKIPEDIA

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply