Jepara – Salah satu minuman khas Jepara yang masih banyak penggemarnya adalah Gempol Pleret. Minuman Gempol Pleret ini adalah salah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Minuman yang penyajiannya lebih segar diberi es batu ini terbuat dari beras. Sedangkan kuahnya rasanya asin-asin manis paduan gula dan garam.

Selain itu penjual gempol pleret ini juga menyediakan minuman lain yang tak kalah lezatnya yaitu es cendol. Minuman  cendol ini ini terbuat dari tepung aren sedangkan kuahnya rasanya manis yang terbuat dari sirup gula putih atau sirup gula merah.

“ Dua-duanya baik cendol maupun gempol pleret semua rasanya manis dan menyegarkan jika diminum dengan es. Semuanya laris mas baik cendol maupun gempol pleret . Selain diminum langsung di sini banyak pula yang di bungkus plastic di bawa pulang “, ujar pak Sukandar penjual Gempol Pleret dan Cendol khas Jepara “Moro Seneng” di depan Pasar Pecangaan Jepara pada kabarseputarmuria.com

Pak Sukandar yang ditemani anak laki-lakinya Riki mengatakan, dia membuka usaha jualan minuman gempol pleret dan cendol sudah hampir 15 tahun. Dulu sebelum jualan minuman ia telah membuka usaha makanan seperti bakso, lonthong, dan masih ada yang lainnya. Namun  usahanya selalu gagal di tengah jalan.

2d2z

“ Nah saya punya pemikiran untuk membuka usaha gempol pleret dan cendol ini merupakan usaha kakek saya dulu. Namun usaha itu mandek karena tidak ada penerusnya.Ketika kecil saya melihat bagaimana membuat gempol pleret dan cendol ini. Nah akhirnya saya putuskan jualan “, aku pak Kandar yang beralamat di desa Kalipucang Kulon kecamatan Welahan.

Pertama awal membuka usaha memang banyak kendala yang menghadang . Namun makin lama lama usaha yang digelutinya itu semakin laris. Dari sehari 50 mangkok terus berkembang jadi 100. Dari 100 terus tambah lagi sampai saat ini perhari bisa menjual gempol pleret dan cendol sekitar 250 – 300 gelas/mangkok.

“ Untuk Es cendol biasanya memakai gelas penyajiannya. Sedangkan untuk es gempol pleret biasanya pakai mangkok. Dulu awal saya buka usaha per gelas/mangkok Rp 1.000,- sedangkan saat ini kami jual Rp 3.500,- setiap gelas atau mangkoknya “, tambak pak kandar.

Selain membuka lapak di depan pasar Pecangaan setiap harinya. Pak Kandar di hari-hari tertentu juga menerima pesanan dari pelanggan berupa gempol pleret . Biasanya minuman ini disajikan bersama minuman lain diacara resepsi perkawinan, khitanan atau acara yang lainnya. Minuman gempol pleret ini masih menjadi kegemaran warga Jepara. Sehingga di hari istimewapun perlu disajikan agar tetap lestari.

Nah bagi pembaca yang kebetulan jalan-jalan ke kota Jepara dan kebetulan lewat di depan pasar Pecangaan bisa mampir ke lapak gempol pleret dan cendol pak Sukandar asli Kalipucang kulon ini. Lapak pak Sukandar ini mudah dicari pinggir jalan depan pasar pecangaan berseberangan dengan Pos polisi .

Dengan menikmati minuman khas Jepara ini anda bisa melihat lalu lalangnya kendaraan yang lewat depan pasar. Meski sederhana kondisi lapaknya namun pelanggan yang membeli cukup ramai. Anda harus rela antri jika ingin menikmati gempol pleret dan cendol khas Jepara ini. Rasanyapun Mak nyus dan harganyapun tidak menguras kantong anda silakan untuk mencobanya. (Muin)

INI VIDEONYA :