blogdesa.id

Tentukan Balon Bupati Demak , Tunggu Petunjuk Istikharoh Kiai

DEMAK – Sejumlah partai politik di Demak masih terus melakukan ikhtiar dalam menghadapi pilkada Desember 2015 mendatang. Meski sudah ada wacana ada koalisi besar, tapi sejauh ini masih belum teralisasi. Sejumlah parpol masih menunggu petunjuk melalui Istikharoh yang dilakukan para alim ulama dan kiai.

Meski beberapa Dewan Pengurus Cabang (DPC) telah merencanakan koalisi, namun mereka menyadari bahwa yang menentukan tetap keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai masing-masing. Termasuk siapa calon yang akan diusung dalam pilkada. Ketua DPC Gerindra Demak, H Maskuri mengatakan, rencana koalisi partai besar (Partai Gerindra, PKB, Partai Golkar dan PDIP) terus dimatangkan dan telah mencapai 75 persen. Persiapan terus dilakukan, termasuk untuk deklarasi nanti. “Untuk Gerindra akan melakukan penjaringan calon setelah mendapatkan mitra koalisi yang pas. Untuk nama-nama siapa yang akan diusung masih menunggu hasil istikharoh,” katanya disela jumpa pers bersama perwakilan partai besar di DPRD Demak, kemarin.

Ketua DPC PDIP, Fahrudin Bisri Slamet menambahkan, setiap partai akan melakukan proses politik sesuai prosedur internal masing-masing. “Khusus untuk PDIP, akan membentuk panitia pilkada setelah kongres DPP PDIP. Apapun hasil keputusan panitia nanti diputuskan oleh DPP,” katanya.

KOALISI BESAR – Ketua DPD Partai Golkar Budi Ahmadi (kiri), Ketua DPC Partai Gerindra Maskuri, Sekretaris DPC PKB Nurul Muttaqin dan Ketua DPC PDIP Fahrudin Bisri Slamet sepakat akan menjalin koalisi dalam pilkada Desember 2015. (WAHIB PRIBADI/RADAR SEMARANG)

KOALISI BESAR – Ketua DPD Partai Golkar Budi Ahmadi (kiri), Ketua DPC Partai Gerindra Maskuri, Sekretaris DPC PKB Nurul Muttaqin dan Ketua DPC PDIP Fahrudin Bisri Slamet sepakat akan menjalin koalisi dalam pilkada Desember 2015. (WAHIB PRIBADI/RADAR SEMARANG)

Ketua DPD Partai Golkar, Budi Ahmadi mengungkapkan, pihaknya akan membentuk tim bersama koalisi untuk melakukan penjaringan calon. “Setiap partai akan punya tim. Tim yang dibentuk itu kemudian melakukan seleksi calon yang selanjutnya diusulkan untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP. Sifatnya kami hanya mengusulkan,” katanya.

Sekretaris DPC PKB, Nurul Muttaqin mengatakan, istikharoh para kiai diharapkan menghasilkan keputusan yang tepat siapa sosok yang akan diusung dalam pilkada nanti. “Yang penting, Demak tetap kondusif,” kata Nurul yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Demak dari Fraksi PKB ini.

Koalisi yang akan dijalankan tetap mendasarkan kearifan lokal sebagaimana yang telah dijalin sejak usai pemilu lalu. Dalam pembahasan koalisi sudah disepakati, calon yang diusung yakni memiliki moral atau akhlaqul karimah. (hib/fth)

Sumber Berita : RADAR SEMARANG

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply