blogdesa.id

Bendung Kembung Kempis Gerdu , Ramai di Hari Minggu

Jepara – Di Desa Gerdu kecamatan Pecangaan ada satu bendung yang cukup menarik perhatian warga sekitar. Orang menyebutnya bendungan Mbungpis dari kata kembung dan kempis. Memang di desa ini ada sebuah bendungan di sungai SWD 1 yang terbuat dari karet. Bendung ini digerakkan oleh tenaga angin hingga bisa mengambang dan mengempis.

Jika musim hujan tiba bendung ini dikempiskan. Udara di dalam bendung dikeluarkan sehingga air dari sungai bisa mengalir dengan lancar. Namun jika musim kemarau tiba bendungan ini dipompa dan  mengembang berisi udara. Air sungai tertahan diseberang dan dimanfaatkan untuk mengairi ribuan hektar sawah.

Jika hari Minggu atau hari libur lainnya bendung ini menjadi tempat wisata alternative bagi warga sekitarnya. Mereka datang ke bendung ini selain beristirahat santai bersama keluarga juga melihat pemandangan air dan persawahan disekitarnya. Banyak mereka yang mempunyai hoby memancing juga datang ke bendung ini.

13

“ Ya ini sudah janjian bertemu disini bersama teman-teman satu angkatan di SMA Sula . Sudah lama kita tidak ngumpul-ngumpul nah kita ketemu disini bernostalgia “, ujar Udin warga desa Lebuawu pada kabarseputarmuria.com

Berwisata di bendung Mbungpis ini tidak memerlukan biaya banyak. Tempat ini bebas dikunjungi siapa saja tanpa dikenakan biaya. Jika kita tidak membawa bekal dari rumah di lokasi bendung ini ada warung yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga yang murah.

Apalagi jika kita membawa bekal sendiri dari rumah sungguh mengasyikkan. Dengan membawa tikar yang lebar kita gelar diatas bangunan bendungan. Sambil bercanda ria bersama keluarga, dan makan-makan kita juga menikmati pemandangan disekitarnya. Ada kerbau yang digembalakan, petani di sawah dan juga para pemancing yang sedang menunggu ikan.

14

Selain itu kita juga jangan marah jika ditempat ini banyak anak-anak muda bercengkerama dengan pasangannya. Dengan duduk-duduk diatas jok motor mereka bercanda ria seperti dunia ini milik mereka berdua.Di bagian lain ada juga anak-anak muda yang bergerombol ngobrol santai tentang dunia mereka.

Namun sayang dari dulu hingga sekarang belum ada gebrakan dari pemerintah desa ataupun diatasnya untuk mengembangkan tempat ini sebagai obyek wisata baru. Padahal jika mau mengembangkan dengan sentuhan sedikit , tempat ini akan menyedot pengunjung yang lebih besar lagi.

Misalnya dengan membangun gazebo atau tempat istirahat . Membangun taman-taman di bawah bendung dan juga fasilitas pendukung lainnya. Selain itu juga perbaikan tempat parkir dan juga jalan menuju ke bendung kembung kempis ini. (Muin).


Haji aman dan lancar bersama KBIH ” Al-Firdaus” Jepara Hubungi 085 290 375 959

TOKO BUKU DAN KITAB ONLINE

BUKU PRIMBON LENGKAP

TOKO BUKU DAN KITAB SUPER LENGKAP

ALAT TAMBAL BAN ELECTRIC

ALAT TAMBAL BAN BAKAR SUPER CEPAT

MENCUCI TANPA SABUN  SUPER HEMAT 

MAINAN MURAH SERBA 1000 RUPIAH 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply