JEPARA – Bagi penggemar Durian Jepara dimana saja berada ada kabar buruk untuk anda. Pasalnya Tahun ini, panen durian di Jepara dipastikan tidak akan melimpah seperti tahuntahun sebelumnya . Buah Durian yang biasanya buahnya ngrembyok saat ini tidak terlihat sama sekali.

Menurut Khumaini salah satu pemilik pohon durian mengatakan , jumlah durian bisa dilihat dari tangkai pohon durian yang berbuah. Jumlah buah yang ada sekarang hanya sepertiga dari jumlah buah yang ada di pohon di tahun-tahun sebelumnya. Misalnya satu tangkai ada enam buah, tapi sekarang hanya ada dua atau tiga saja,

1ref

sedikitnya buah yang dihasilkan pohon durian disebabkan musim panas yang terlalu panjang dan terlalu panas Bunga maupun buah durian yang masih kecil banyak yang rontok ketika diterpa angin ataupun.hujan rintik. Hal ini juga menyebabkan musim panen durian di Jepara mundur. ’’Memasuki Desember biasanya durian sudah dapat dipanen. Tapi tahun ini sampai akhir Desember saat ini masih belum bisa dipanen. Hal itu menyebabkan stok durian minim dan berimbas pada mahalnya harga durian di Jepara,’’ ungkapnya.

Akibat pasokan yang minim itu di pasaran, saat ini durian untuk ukuran besar sekitar Rp 70 ribu, untuk ukuran menengah sekitar Rp 50 ribu, dan ukuran kecil sekitar Rp 25 ribu. Harga tersebut dua kali lipat lebih mahal dibanding musim lalu. Sebab, ketika panen raya, harganya lebih murah.bahkan separo dari harga tersebut.


’’Saat ini, pedagang durian banyak dipasok dari luar kota, bahkan ada yang dari Sumatera. Tapi harga itu akan turun seiring mulai dipanennya durian di Jepara, meski jumlahnya akan lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya,’’ucapnya****

Sumber : Suara Merdeka

Sunarlan Jahit Sepatu dan Reparasi Payung Sejak Dulu

Haji aman dan lancar bersama KBIH ” Al-Firdaus” Jepara Hubungi 085 290 375 959

TOKO BUKU DAN KITAB ONLINE

BUKU PRIMBON LENGKAP

TOKO BUKU DAN KITAB SUPER LENGKAP

ALAT TAMBAL BAN ELECTRIC

ALAT TAMBAL BAN BAKAR SUPER CEPAT

MENCUCI TANPA SABUN  SUPER HEMAT 

MAINAN MURAH SERBA 1000 RUPIAH