blogdesa.id

Dana Rp 1 Miliar untuk Desa Tak Terealisasi ?

Sidoarjo (beritajatim.com) – Anggaran sebesar Rp 1 miliar untuk desa yang pernah dijanjikan kalangan DPR RI  beberapa waktu, sepertinya hanya isapan jempol. Tahun 2015 nanti, desa hanya mendapat kucuran dana sekitar Rp 160 juta dari pemerintah pusat.

Padahal, untuk menyambut pemberian anggaran Rp 1 miliar itu Pemkab Sidoarjo sudah menyiapkan sumberdaya perangkat desa, seperti pelatihan dan bimbingan teknis terkait pengelolaan anggaran.

Dikatakan Asisten I (pemerintahan) Pemkab Sidoarjo, Asrofi, beberapa waktu lalu pihaknya mendapat informasi dari pusat jika anggaran Rp 1 miliar untuk tiap desa tidak jadi direalisasikan.

“Anggaran Rp 1 miliar untuk tiap desa tidak jadi dialokasikan. Pihak desa hanya mendapat alokasi dana Rp 160 juta dari pemerintah pusat,” ucapnya, Rabu (29/10/2014).

Soal urungnya anggaran Rp 1 miliar itu, lanjutnya, pihaknya sudah mengumpulkan perangkat desa dan mensosialisasikan batalnya alokasi anggaran dari pusat tersebut.

“Banyak juga perangkat desa yang sebelumnya berharap agar pembangunan di desa bisa lebih baik dengan alokasi anggaran sebesar itu, menjadi kecewa,” imbuhnya.

Alasan batalnya anggaran itu, Asrofi mengaku tidak tahu pastinya. Namun, salah satu alasannya karena APBN tidak memungkinkan jika disebar untuk tiap desa Rp 1 miliar.

Kendati alokasi anggaran untuk desa Rp 1 miliar batal, namun pelatihan dan pembekalan terkait pengelolaan anggaran bisa dijadikan pegangan bagi perangkat desa dalam mengelola keuangan.

“Selama ini desa mendapat Dana Alokasi Desa (DAD), Blockgrand dan sejumlah alokasi dana lainnya, terutama dari Pemkab Sidoarjo. Bekal itu harus dimanfaatkan untuk mengelola anggaran dan pembangunan di tingkas desa,” harapnya.

Batalnya alokasi anggaran Rp 1 miliar, membuat perangkat desa kecewa. Terlebih  rencana itu sudah diinformasikan kepada masyarakat, untuk pembangunan desa bisa lebih baik lagi.

“Kita kecewa sekali, apalagi sudah digembar-gemborkan DPR maupun capres kala itu,” sebut salah satu perangkat desa yang enggan namanya di publikasikan. [isa/but]

Haji aman dan lancar bersama KBIH ” Al-Firdaus” Jepara Hubungi 085 290 375 959

TOKO BUKU DAN KITAB ONLINE

BUKU PRIMBON LENGKAP

TOKO BUKU DAN KITAB SUPER LENGKAP

ALAT TAMBAL BAN ELECTRIC

ALAT TAMBAL BAN BAKAR SUPER CEPAT

MENCUCI TANPA SABUN  SUPER HEMAT 

MAINAN MURAH SERBA 1000 RUPIAH 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply