blogdesa.id

Masjid An-Nur Kemantren Mutih Kulon Direhab , Hasil Swadaya Masyarakat

Demak – Dukuh kemantren desa Mutih Kulon kecamatan Wedung kabupaten Demak sejak dahulu mempunyai masjid sendiri. Masjid yang setiap hari digunakan untuk shalat sehari-hari warga tergolong cukup bagus dilihat dari jumlah jamaahnya. Selain sudah besar dan bertingkat kondisi bangunan sudah tujuh puluh lima persen. Yang tergolong cukup mewah yaitu keramik lantainya.

“ Masjid ini di rehab sekitar tahun 2011 yang lalu , setelah terkumpul uang Rp 200 juta . Jamaah sepakat masjid di rehap karena kondisinya sudah tua juga kurang lebar “, kata pak Tahrim (55) warga kemantren pada kabarseputarmuria.

Tahrim mengatakan , dulunya masjid ini bertiang kayu jati dan berubin  hitam . Kondisinya tidak begitu luas karena jumlah jamaah yang tidak begitu banyak . Seiring dengan perkembangan jaman , jumlah jamaah terus bertambah sehingga masjid tidak mampu menampung jamaah . Utamnya pada hari besar seperti iedul fitri dan iedul adha.

“ Nah dengan kondisi itulah rapat warga memutuskan untuk merehab bangunan masjid yang sudah tua. Ada modal uang kas masjid ditambah jariyah dari warga dengan tarikan keliling setiap seminggu sekali”, tambah pak Tahrim.

Pembongkaran masjid tidak dilakukan secara total namun bertahap. Bangunan masjid lama masih bisa digunakan untuk shalat seperti biasanya . Pemasangan batu pondasi diluar bangunan utama masjid lama. Setelah bangunan masjid baru setengah jati , bangunan lama dirobohkan dengan pelan-pelan.

Mengenai air untuk wudhu jamaah , meskipun kondisi musim kemarau seperti ini tidak menjadi masalah. Air sumur meskipun rasanya agak asin sedikit masih mencukupi untuk kebutuhan wudhul dan bersuci lainnya. Air dari sumur itu kemudian dipompa di salurkan ke bak wudhu dan juga kran-kran.

“ Alhamdulillah untuk air wudhu meskipun rasanya masin setiap waktu cukup . Apalagi jika musim penghujan tiba rasanya tidak masin lagi . Tawar dan menyegarkan “, imbuh Tahrim. (Muin)

TOKO BUKU DAN KITAB ONLINE

BUKU PRIMBON LENGKAP

TOKO BUKU DAN KITAB SUPER LENGKAP

ALAT TAMBAL BAN ELECTRIC

ALAT TAMBAL BAN BAKAR SUPER CEPAT

MENCUCI TANPA SABUN  SUPER HEMAT 

MAINAN MURAH SERBA 1000 RUPIAH 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply