blogdesa.id

Jepara Punya Batik Motif Kartini

Jepara – Ditengah semakin kerasnya persaingan di dunia global khususnya industry pertekstilan. Jepara terus mengembangkan ekonomi kreatif yang berbasisi  potensi lokal. Diantaranya mengembangkan motif batik khas

Batik Jepara ini dikenal sebagai batik motif Kartini yang ornamennya seperti stiliran lunglungan bunga pada ukiran kayu Jepara. Bisa juga dipadukan dengan potensi Jepara lainnya.Dengan memadukan unsure itu batik motif Jepara akan lebih semarak dan diminati oleh pasar.
Di pendopo alit rumah dinas Wakil Bupati Jepara dalam rangka Hari Batik Nasional, Kamis ( 2/10 ), telah dilakukan lomba menggambar motif batik khas Jepara yang diikuti oleh 50 pelajar SLTA serta pameran batik. Kegiatan yang diprakarsai oleh Nalendra Galery pimpinan Yanti Jadmiko ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten Jepara.

Pada kesempatan itu juga dilakukan peragaan membatik oleh Pusat Pengembangan Anak Kedungmulyo. Pembukaan kegiatan ini dilakukan oleh Bupati Akhmad Marzuqi dengan melakukan coretan pertama pada kain yang akan dibatik.

Bupati Jepara, H. Akhmad Marzuqi saat membuka kegiatan tersebut menyatakan berbagai potensi lokal Jepara, baik ukir kayu, tenun Troso dan Batik Jepara harus terus didorong agar dapat masuk ke pasar global. Yang tentunya akan meningkatan pendapatan masyarakat .

“ Daya saing harus kita tingkatkan oleh karena itu 11 Oktober besuk di alon-alon Jepara akan digelar Jepara batik and Tenun Faestival 2014 “,   ujar Marzuqi.
Disisi lain  Pendiri Lembaga Pelestari Seni Ukir, Batik dan Tenun Jepara, Hendro Martojo menyatakan, kesiapan masyarakat untuk menjaga, melestarikan dan mengembangkan potensi lokalnya harus menjadi komitmen bersama.

“Bila kita tidak setia menjaga ciri khas potensi lokal maka kita akan sulit bersaing dengan daerah lain,” ujar Hendro Martojo, mantan Bupati Jepara.
Sedangkan Wakil Bupati Jepara, Subroto yang turut memprakarsai even tersebut menyatakan kekuatan dan kearifan khas budaya lokal Jepara harus terus kita explore dan kembangkan untuk meningkatkan daya saing.***

TOKO BUKU DAN KITAB ONLINE

BUKU PRIMBON LENGKAP

TOKO BUKU DAN KITAB SUPER LENGKAP

ALAT TAMBAL BAN ELECTRIC

ALAT TAMBAL BAN BAKAR SUPER CEPAT

MENCUCI TANPA SABUN  SUPER HEMAT 

MAINAN MURAH SERBA 1000 RUPIAH 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply