Jakarta – Desa Merdeka : Wakil Ketua Pansus RUU Desa dari Fraksi Demokrat, Khatibul Umam Wiranu, menganggap janji calon presiden Partai Gerindra Prabowo Subianto memberi Rp 1 miliar per tahun untuk setiap desa adalah sebuah tipuan untuk mengelabui rakyat. Tanpa janji Prabowo, ujarnya, desa sudah dipastikan akan dapat alokasi khusus dari APBN kendati besarannya tidak mesti Rp 1 miliar. “Itu pernyataan yang menipu,” kata Umam, Selasa, 29 Oktober 2013.

Menurut Khotibul Umam, desa tetap akan mendapat alokasi APBN tiap tahun yang dijamin di Undang-Undang Desa. Alokasi APBN buat desa bahkan bisa dimulai sejak 2014 atau pada pemerintahan Presiden SBY. “Kalau 2014 sudah bisa dilaksanakan, pernyataan Prabowo enggak bermakna apa-apa,” kata Umam.

Namun Prabowo dan Gerindra dinilai sah-sah saja menjanjikan alokasi APBN buat desa. Anggota Pansus RUU Desa dari Fraksi Gerindra, kata Umam, juga ikut berperan mengegolkan alokasi khusus APBN untuk tiap desa di RUU Desa sehingga boleh-boleh saja mengklaim hasil kerja Pansus RUU Desa. “Tapi, siapa pun presidennya, alokasi khusus APBN buat desa pasti ada,” kata Umam.

Pekan lalu, di hadapan perwakilan asosiasi kepala desa seluruh Indonesia, Prabowo berjanji akan memberi Rp 1 miliar tiap desa per tahun jika dirinya menjadi presiden. Duit itu diambil dari APBN yang ia nilai penggunaannya sekarang belum tepat. “Jika saya terpilih, satu desa akan mendapat Rp 1 miliar setiap tahun,” kata Prabowo di kantor DPP Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu, 26 Oktober 2013. Prabowo bahkan sempat menandatangani komitmen itu dengan peserta yang hadir. (tempo)