blogdesa.id

Desa Wisata di NTB dikembangkan NGO Jerman

Desamerdeka – Jakarta : Yayasan sosial Panorama Foundation dan Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammernarbeit (GIZ) bekerja sama mengembangkan dua desa wisata di Nusa Tenggara Barat.

Pengembangan desa wisata tersebut dilakukan dengan memberikan pelatihan terkait hospitality dan pemandu wisata kepada masyarakat di Desa Sekarbela dan Banyumulek.

Pelatihan akan dimulai pada Oktober 2014 dibarengi dengan pembuatan narasi desa, penyusunan aktivitas bagi para turis serta promosi desa kepada turis mancanegara.

“Diharapkan pengembangan desa ini dapat dilakukan dengan memperhatikan sinergi antara pengembangan lingkungan, sosial dan ekonomi,” papar Bondan Nurdiyanto, Chairman Panorama Foundation dalam keterangan resminya, Minggu (21/9/2014).

Bondan menjelaskan Desa Banyumulek merupakan salah satu desa yang terletak di Lombok Barat dan sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai pengrajin gerabah, sedangkan Desa Sekarbela terletak di Mataram yang terkenal sebagai sentra pengrajin emas dan mutiara.

“Dengan adanya pelatihan di bidang hospitality, kedua desa itu diharapkan lebih siap menerima kunjungan wisatawan,” imbuhnya.

 

Sumber : bisnis.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.