blogdesa.id

Pantai Semat , Wisata Murah Untuk Keluarga

Jepara – Desa  Merdeka : Salah satu pantai di kawasan Jepara yang masih perawan adalah pantai desa Semat kecamatan Tahunan. Pantai di ujung selatan kota Jepara ini jika waktu libur juga ramai oleh kunjungan wisatawan local.

Selain melihat birunya laut  dan juga putihnya pasir pantai. Di tempat ini kita juga bisa memancing ataupun menangkap ikan  dengan branjang anco. Jika ingin mandi dan merasakan air laut juga dipersilahkan.

Sebelum di tata oleh pecinta dan pelestari kawasan pantai dr. Suryadi. Pantai Semat ini kondisinya memprihatinkan. Beberapa bagian pinggir pantai ambrol tergerus abrasi. Akibatnya garis pantai makin mendekat ke pemukiman penduduk

Namun setelah beberapa tahun di tata oleh pak Suryadi. Kawasan pantai Semat ini bisa dinikmati oleh siapa saja yang sudi mampir. Selain membuat pasangan batu untuk menahan gempuran ombak. Juga membangun rumah-rumahan untuk berteduh bagi yang mampir ke pantai Semat ini.

“ Ya kalau dihitung biaya yang saya keluarkan cukup banyak. Namun kurang etis jika saya sebutkan nilainya. Yang penting saya ihlas memperbaiki kawasan pantai semat ini “, kata pak Suryadi pada Warta Demak beberapa waktu yang lalu.

Memang benar apa yang dikatakan oleh pak Suryadi . Pantai Semat ini semakin lama semakin dilirik oleh pengunjung dari berbagai desa sekitar Semat. Selain hari Minggu , hari libur hari Jum’at sore kawasan ini ramai oleh pengunjung.

Kebanyakan pengunjung datang naik sepeda motor . Selain anak muda ,ada pula pengunjung yang datang dengan anggota keluarganya. Mereka dipinggir pantai duduk-duduk santai sambil melihat pemandangan laut yang luas. Satu dua pengunjung ada yang membawa peralatan untuk memancing.

Kini kawasan pantai Semat semakin tertata , jalan yang dulu berujud tanah liat berpasir. Kini sudah dibetonisasi meski hujan jalan tidak licin seperti dulu. Beberapa warung makan juga bermunculan. Sehingga kita bisa jajan atau makan tanpa perlu membawa bekal.

Bagi yang mempunyai hoby mandi air laut. Di pantai desa Semat ini sudah ada instalasi MCK ( Mandi, Cuci, Kakus) . Sehingga sehabis mandi kita bisa langsung bilas dengan air tawar. Di tempat itu kita bisa memandang pemandangan laut dari lantai dua bersama seluruh anggota keluarga.

Nah bagi pembaca yang belum pernah mengunjungi pantai Semat ini bisa mencoba datang ke tempat ini. Lokasinya dari kota Jepara sekitar 6 Kilometer ke Selatan . Jika anda datang dari Timur bisa lewat desa Kedungmalang kea rah utara sekitar 7 Km.

Jalan ke pantai Semat dari semua jurusan kondisinya bagus . Untuk kendaraan roda dua atau empat bisa langsung parkir di pinggir pantai yang cukup indah ini. (Muin)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply