blogdesa.id

Mustofa Perajin Terbang dan Bedug dari Kota Wali

Demak –  Desa Merdeka : Bagi masyarakat Demak Jawa Tengah dan sekitarnya, nama Musthofa MS sudah tidak asing. Pria berusia 50 tahun ini adalah salah seorang perajinterbang (rebana) dan bedug (gendang besar; di surau atau masjid yang dipukul untuk memberitahukan waktu salat).

Keterampilannya membuat alat penanda waktu sembahyang ini diperolehnya sejak 41 tahun lalu secara turun temurun.

Keahliannya mengolah kayu gelondongan menjadi alat tetabuhan untuk mengiringi solawatan, ditekuninya sejak berusia 9 (sembilan) tahun. Sampai-sampai putera Salwadi bin Saidun ini hafal betul dengan berbagai jenis dan karakter kayu,

Hanya dengan melihat wujud, bau dan serat kayunya. Bahkan jika terdapat jenis kayu gelap pun akan diketahuinya dari mana kayu tersebut berasal. Maksud kayu gelap di sini adalah kayu yang ‘bersih’ bukan kayu yang berasal dari pohon yang tumbuh di pekuburan.

Selain mencari keberkahan dalam mencari rejeki, tujuan suami Hj Hasanah ini memroduksi terbang dan bedug adalah ikut andil menanam ‘saham akhirat’ yaitu mengagungkan asma Nabi Muhammad dengan cara membuat terbang/rebana pengiring pembacaan solawat nabi tersebut. (Machmud- Muin)

Bagi Anda yang ingin tahu dan juga butuh  Bedug bisa menghubungi 

Pak Musthofa di nomor : 081 228 483 71 atau 0291 681 245

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply